Keindahan Kawasan Wisata Pulau Menjangan Bali

Pulau Dewata julukan Bali memang menyimpan sejuta pesona untuk siapa saja yang berkunjung kesana. Mulai dari wisata budaya, alam, hingga wisata religi, semua ada di sini. Akan tetapi terkadang pada umumnya traveler yang suka berwisata, Pulau Bali akan terasa membosankan karena hanya kawasan itu-itu saja yang dikunjungi.
Nanti dulu, siapa sangka bila ternyata Bali masih mempunyai satu surga tersembunyi yang menyajikan panorama menakjubkan untuk Anda. Kawasan tersebut bernama Pulau Menjangan, sebuah pulau yang pesonanya masih sangat asri dengan spot diving yang sangat menakjubkan.

Lokasi Kawasan Wisata Pulau Menjangan Bali

Pulau menjangan berlokasi di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat. Tepatnya di Ds. Klampok, Kec. Grokgak, Kab. Buleleng, Bali, atau sekitar 60 kilometer dari Lovina.
Untuk mencapainya anda harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari kawasan wisata populer di Bali yaitu pantai Kuta dan 4 jam perjalanan dari ibukota Bali Denpasar.

Akses Menuju Kawasan Wisata Pulau Menjangan Bali

Untuk Anda yang ingin menikmati pesona dari pulau ini harus terlebih dahulu terbang ke pulau Bali.
Dari Denpasar, Anda dapat memilih jalur Denpasar – Tabanan – Selemadeng – Pupuan – Seririt – Menjangan. Dalam perjalanan sekitar 4 jam Anda akan disajikan pemandangan hijaunya pesawahan khas Bali dan lautan yang biru.
Admin menyarankan untuk menyewa mobil dan sopirnya supaya anda mempunyai waktu bersenang-senang lebih lama. Tetapi untuk Anda yang ingin memakai transportasi umum, bisa memulainya dari Gilimanuk.
Untuk benar-benar sampai ke lokasi, Anda harus menyeberang menggunakan kapal motor (boat) sekitar 30 – 45 menit dari dermaga Lalang.
Sepanjang perjalanan Anda juga akan disajikan pemandangan gunung berapi di Jawa Timur hingga Prapat Agung yang berpadu dengan lautan biru. Di dermaga Lalang, fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap, seperti restoran, tempat menginap, bar, dan lain sebagainya.


  • Rincian harga untuk menyewa kapal berkisar antara 400.000 – 600.000 Rupiah / hari.
  • Untuk alat snorkeling / orang sebesar 40.000 – 50.000 Rupiah.
  • Biaya tiket masuknya sebesar 2.500 Rupiah / orang, dan untuk asuransi, setiap orang sebesar 4.000 Rupiah.
  • Bila ingin memakai jasa pemandu, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan sekitar 100.000 Rupiah / kelompok.

Sekilas Tentang Kawasan Wisata Pulau Menjangan Bali

Kawasan ini menjadi sebuah gambar sempurna dari pesona bawah laut dengan hamparan pasir putih yang asri dan aneka hayati laut yang sangat beragam.
Mengapa dikenal dengan Pulau Menjangan? Kata “menjangan” bersumber dari bahasa Jawa yang berarti kijang atau rusa. Setiap musim semi banyak rombongan rusa liar yang menyeberang ke pulau ini dengan jarak sekitar 1,2 mil.
Di pulau ini memang banyak rusa liar yang semakin hari populasinya semakin menurun. Sehingga pemerintah meresmikannya menjadi Taman Nasional Bali Barat. Ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk membangun konservasi guna memelihara rusa dan aneka jenis hayati yang ada di kawasan ini.

Aktivitas di Kawasan Wisata Pulau Menjangan Bali

Diving dan snorkeling merupakan kegiatan utama di kawasan ini. Beberapa spot populer untuk diving yang sering dijadikan tempat menyelam yaitu:
Eel gardens
Merupakan spot diving yang berada di sebelah barat Pulau Menjangan. Lokasi ini adalah spot diving terbaik di Pulau Menjangan.
Secret Bay
Secret Bay merupakan tempat yang cocok untuk Anda para pecinta macro diving, karena di sini perairannya cukup dangkal dengan aneka terumbu karang dan mempunyai pasir berlumpur di bawah lautnya.
Anchor Wreck
Merupakan spot diving yang disarankan untuk para penyelam yang sudah berpengalaman dan profesional.

Tips Berkunjung di Kawasan Wisata Pulau Menjangan Bali

  • Waktu paling tepat untuk berkunjung pulau ini yakni antara bulan April hingga November.
  • Karena pulau ini tak berpenghuni, bawalah bekal makanan dan minuman sendiri.
  • Bawa juga obat-obatan, sunblock dan baju ganti.
  • Anda dapat menyewa alat diving dan snorkeling di resort terdekat sebelum menyeberang ke pulau ini.
  • Lebih baik menginap semalam di sini, karena jarak tempuh pulang pergi ke Denpasar sekitar 7 jam.
  • Jagalah kebersihan lingkungan wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Demikianlah artikel singkat mengulas tentang Wisata Pulau Menjangan Bali yang dapat kami share pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua, dan selamat berlibur!

Comments

Popular posts from this blog

Keindahan Kawasan Wisata Kintamani Bali yang Mempesona

Pesona Kawasan Wisata Garuda Wisnu Kencana Bali